Apa Yang Terjadi Jika Bola Golf Dibelah?

Golf merupakan sebuah cabang olahraga yang tidak sedikit masyarakat memainkannya. Akan tetapi, karena biaya yang harus dikeluarkan ketika bermain permainan tersebut cukup mahal, sebagian masyarakat merasa cukup puas dengan hanya mengoleksi bolanya saja.

Bola Golf Terbelah
Bagian dalam dari bola golf

Apabila Anda pernah memegang bola khusus golf, maka Anda akan merasakan bahwa bola tersebut memiliki beban yang cukup berat.

Anda tentu berpikiran mengenai isi di dalam bola golf tersebut. Lantas tak sedikit juga masyarakat yang mengira bahwa di dalamnya berisikan besi atau lain macamnya.

Adapun bola golf dibuat dengan beban yang cukup berat lantaran harus melawan angin yang cukup kencang ketika bola itu melayang di udara. Bayangkan saja jika bola itu ringan, tentu bola itu bisa saja kembali ke tempat semula. Jadi seakan-akan Anda tidak memukulnya. Dan mengacaukan permainan pastinya.

Jika Anda perhatikan lebih detail lagi, pada bola golf memiliki cekungan-cekungan yang jumlahnya tidak sedikit. Berdasarkan What’s Inside, dengan banyaknya cekungan yang terdapat pada bola golf, maka akan stabil bola tersebut ketika berada di atas udara dan daya jangkauannya juga akan semakin jauh.

Karena penasaran akan apa isi dari bola golf tersebut, What’s Inside melalui akun Youtube resmi melakukan sebuah eksperimen dengan mencoba untuk membelah beberapa bolf golf dari sejumlah jenis dan merk.

Mengingat bola golf yang memiliki kepadatan cukup solid, mereka menyiapkan beberapa senjata tajam seperti pisau khusus daging, palu hammer dan kapak untuk membelah bola golf. Bahkan mereka juga menyiapkan gergaji listrik mini.

Dan ternyata, bola golf itu dibuat secara berlapis dengan berbagai bahan dan warna yang tidak sama. Sementara untuk isinya sendiri, terdapat beberapa materi. Mulai dari resin, cairan khusus, plastik hingga karet.

Sejarah Bola Golf

Pada awalnya, bola golf terbuat dari bahan dasar kayu. Namun pada abad ke 17, bola kayu mulai digantikan dengan bola dari bulu angsa yang dibungkus menggunakan kulit sapi.

Sejarah Bola Golf
Awalnya, bola golf terbuat dari kayu

Adapun proses pembuatannya yakni pada saat bulu angsa dan kulit sapi sebagai pembungkus dalam keadaan basah dipres. Kemudian dijahit dan langsung diberi cat.

Setelah kering, kantong kulit akan menyusut dan sementara bulu angsa dibagian dalam bakal mengembang. Sehingga menghasilkan bola yang keras.

Kemudian, ditemukannya bola getah yang lebih disebut sebagai gutty, lantaran terbuat dari getah perca yang dipanaskan. Kepopuleran bola tersebut bertahan dari tahun 1848 hingga 1890-an. Dengan kelenturan yang dimiliki bola getah memungkinkan untuk menggunakan stik golf yang ujung kepalanya terbuat dari besi.

Pada tahun 1898, Coburn Haskell yang menjalin kerjasama dengan BF Goodrich Company menciptakan sebuah bola golf yang memiliki inti dari karet. Pada akhirnya di tahun 1899 Walter Travis menjadi juara golf amatir Amerika Serikat, bola gutty tidak lagi dipakai. Dan hingga kini masih digunakan bola golf berbahan karet.

Ukuran Bola Golf

Ukuran bola golf
Bola golf memiliki ukuran standar

Adapun ukuran bola golf sebagai berikut:

  • Massa bola golf tidak kurang dari 45,93 gram
  • Diameter bola golf minimal 42,67 mm
  • Permukaan bola golf tidak boleh rata atau biasanya berupa cekung-cekung

Tujuan bola golf memiliki beberapa cekungan pada permukaan luarnya supaya jarak yang dapat ditempuh oleh bola tersebut dapat lebih jauh. Berdasarkan seseorang perancang bola golf mengungkapkan bahwa bola yang memiliki permukaan rata paling jauh hanya dapat menempuh jarah 119 meter.

Bola yang sama namun memiliki cekungan maka jarak yang ditempuh dapat dua kali lipatnya. Adapun cekungan itu berguna untuk mengurangi daya hambat udara.