Mengenal Detail Lapangan Golf

Golf merupakan sebuah jenis permainan yang cara memainkannya menggunakan alat pemukul khusus yang disebut dengan stick golf atau club golf untuk memukul bola hingga masuk ke dalam lubang yang telah ditentukan.

Lapangan golf
Padang golf atau lapangan golf

Permainan ini dimainkan di lahan luas yang telah dirancang secara khusus. Lahan luas tersebut dinamakan sebagai padang golf atau dalam bahasa Inggris disebut golf course.

Suatu lapangan golf memiliki sejumlah lubang atau hole yang dijadikan sebagai sasaran dari jenis permainan ini yang pada umumnya terdiri dari 9 hingga 18 lubang.

Apabila kita memainkan permainan golf, maka kita harus menyelesaikan 18 hole tersebut setiap sekali game. Untuk sederhananya, simak contoh lapangan golf riverside yang terletak di Jakarta ini.

Memainkan golf pada dasarnya adalah memasukkan bola ke dalam hole dengan total lubang sebanyak 18 hole . Dimana permainan dimulai dari teebox dan diakhiri dengan memasukkan bola ke hole yang berada di area putting green. Setiap hole hanya memiliki satu lubang.

Pada biasanya, di setiap lubang ditandai dengan bendera yang berwarna. Sehingga, kita memasukkan bola secara berulang pada holehole selanjutnya sebanyak 18 hole .

Bagian Lapangan Di Setiap Hole

Pada gambar diatas ini merupakan lapangan golf riverside yang berada di Depok dengan memiliki 10 hole . Pukulan pertama dilakukan di teebox atau teeing ground.

Bagian lapangan golf
Bagian-bagian pada lapangan golf

Namun, untuk pegolf yang profesional, pukulan pertamanya dilakukan di teebox yang paling jauh dan yang ditandai dengan patok batu berwarna hitam. Sementara bagi pegolf wanita, pukulan pertama dimulai di teebox terdepan dengan ditandai patok batu warna merah.

Untuk pegolf beginner atau dapat dikatakan pemula, area teebox nya berada di belakang teebox ladies yang ditandai dengan patok batu warna putih. Teebox ini juga menjadi tempat pukulan pertama bagi pegolf senior.

Teebox pada umumnya dibuat lebih tinggi sekitar 100 cm. Dan pada bagian rumputnya dirawat dengan sangat baik.

  • Tee Off

Pukulan pertama dalam permainan golf dilakukan di area bernama teebox. Dan dinamakan tee off atau juga disebut dengan tee shot. Hanya pada pukulan pertama ini kita sebagai pegolf diperbolehkan untuk meletakkan bola diatas penyangga yang disebut tee.

Setelah kita melakukan pukulan pertama, maka kita akan memukul kembali bola di posisi terakhir bola tersebut. Pada pukulan selanjutnya, kita akan berusaha untuk memukul bola ke area putting green.

Terdapat dua area pada lapangan golf setelah kita melakukan pukulan pertama. Adalah area bernama fairway dan rough. Dimana perbedaan dari kedua area tersebut yakni, fairway memiliki rumput yang pendek dan memudahkan kita memukul bola. Sedangkan rough memiliki rumput yang panjang dan tentu membuat sulit dalam memukul bola.

  • Hazards

Biasanya, di setiap hole memiliki hazards atau rintangan yang terdiri dari dua jenis, yakni bunker yang merupakan sebuah berupa cekungan yang berisikan pasir. Dan rintangan air seperti danau atau sungai.

Apabila bola masuk ke dalam area air, maka pegolf akan dikenakan penalti berupa satu pukulan dan mengulang pukulan di titik sebelumnya. Sedangkan jika bola berada di area bunker, maka pegolf akan memukul bola di area tersebut.

Putting Green

Putting green merupakan area yang memiliki rumput sangat pendek dan merupakan hole terakhir dalam permainan golf. Hole di area ini diharuskan memiliki ukuran diameter 108 mm atau 4.25 inci. Dan kedalaman dari hole tersebut berukuran 100 mm atau 3.94 inci.

Putting Green
Putting green merupakan area dengan hole terakhir

Lazimnya, pegolf akan menggunakan stick khusus ketika bola telah mencapai di area hijau ini yang disebut dengan putter.